Senin, 26 November 2018

Fungsi Manajemen


Fungsi manajemen dalam organisasi merupakan sebuah perangkatyang penting dan suatu hal yang harus dikembangkan demi tercapainya tujuan organisasi serta memberikan kepuasan pada anggita-anggota didalamnya. Bahkan fungsi manajemen menjadi patokan organisasi dalam mencapai tujuan sehingga setiap aktivitas organisasi harus berlandaskan prosedur (SOP) strategi, kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan dalam fungsi manajemen (POAC), tujuan dari fungsi majemen secara umum untuk mengendalikan semua aktivitas organisasi dengan baik, sebagai pengebangan kemampuan SDM yang professional, menghasilkan kinerja yang unggul dan hasil kerja yang maksimal serta tercapainya tujuan yang memberikan kesejahteraan  bagi semua pihak yang ada dalam organisasi.
Robbins dan Coulter (2004:&) mengungkapkan pentingnya fungsi manajemen sebagai aktivitas-aktivitas tertentu dalam rangka mengelola pekerjaan secara efisien dan efektif.
Setidaknya menurut Robbin dan Mary terdapat 5 (lima) fungsi manajerial yang harus ada dala sebuah organisasi, berikut dapat dilihat kelima fungsi manajemen tersebut :
a)      Perencanaan (Planning)
b)      Pengorganisasian (Organizing)
c)      Penugasan (Commanding)
d)     Pengkoordinasian (Coordinating)
e)      Pengendalian (Controling)
              Namun yang lebih dikenal dan biasa diguinakan oleh organisasi adalah fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George Tery dalam Handoko (2008:3), fungsi manajemen terdiri dari :
a)      Perencanaan (Planning)
b)      Pengorganisasian (Organization)
c)      Penggerakan pelaksanaan (Actuating)
d)     Pengawasan (Controling)
Dari pendapat mengenai fungsi manajemen diatas, secara keseluruhan menempatkan perencanaan (Planning) pada urutan paling atas, dengan demikian para ahli menempatkan perencanaan hal paling penting dalam fungsi manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lowker Jakarta Terbaru Mitra 10

Mitra 10